Posted by: setang | July 29, 2008

TIGA KENIKMATAN HIDUP

Barang siapa yang dipagi hari sehat badannya, tenang jiwanya dan dia mempunyai makanan di hari itu, maka seolah-olah dunia ini dikaruniakan kepadanya (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Setiap manusia, apalagi sebagai muslim tentu mendambakan kehidupan yang menyenangkan di dunia ini, bahkan kalau perlu seolah-olah dunia ini milik kita. Untuk bisa merasakan kenikmatan hidup di dunia ini, ada tiga perkara yang harus dicapai oleh seorang muslim, hal ini disebutkan dalam hadist Nabi SAW : Barang siapa yang di pagi hari sehat badannya, tenang jiwanya dan dia mempunyai makanan di hari itu, maka seolah-olah dunia ini dikaruniakan kepadanya (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

1. BADAN SEHAT

Badan yang sehat merupakan suatu kenikmatan tersendiri bagi manusia yang tidak ternilai harganya, rasanya tidak ada artinya segala sesuatu yang kita miliki bila kita tidak memiliki kesehatan jasmani. Apa artinya harta yang berlimpah dengan mobil yang mahal harganya, rumah yang besar dan bagus, kedudukan yang tinggi dan segala sesuatu yang sebenarnya menyenangkan untuk hidup di dunia ini bila kita tidak sehat. Oleh karena kesehatan bukan hanya harus dibanggakan dihadapan orang lain, tapi yang lebih penting lagi adalah harus disyukuri kepada yang menganugerahkannya, yakni Allah SWT.

Kesehatan badan bisa diraih dengan mencegah dari segala penyakit yang akan menyerang tubuh dan mengatur segala keseimbangan yang diperlukannya.. Oleh karena itu tubuh manusia punya hak-hak yang harus dipenuhi, diantara hak-hak itu adalah bersih jasmani bila kotor, makan bila lapar, minum bila haus, istirahat bila lelah, lindungi dari panas dan dingin, obati bila terserang penyakit, dll. Ini merupakan salah satu bentuk dari rasa syukur kepada Allah SWT yang harus kita tunjukkan. Bentuk syukur yang lain adalah memanfaatkan kesehatan jasmani dengan segala kesegaran dan kekuatannya untuk melakukan berbagai aktivitas yang menggambarkan pengabdian kita kepada Allah SWT.

Namun sangat amat disayangkan dan hal ini diingatkan betul oleh Rasulullah SAW adalah banyak manusia yang lupa dengan kondisi kesehatannya. Saat sehat ia tidak mencegah kemungkinan datangnya penyakit, tidak memenuhi hak-hak jasmani dan tidak menggunakan kesehatannya itu untuk melakukan aktivitas pengabdian kepada Allah SWT sehingga pada saat sakit, barulah ia menyesal dengan penyesalan yang dalam, Rasulullah SAW bersabda : Ada 2 (dua) nikmat yang sering dilalaikan oleh kebanyakan manusia, yaitu kesehatan dan waktu luang (HR. Bukhari).

2. JIWA YANG TENANG

Hal yang tidak kalah pentingnya dari badan yang sehat adalah jiwa yang tenang artinya manusia memiliki jiwa yang sehat bila jiwanya tidak tenang, bahkan badan yang sakit sekalipun tidak menjadi persoalan yang terlalu memberatkan bila dihadapi dengan jiwa yang tenang, apabila ketenangan jiwa bila menjadi modal yang besar untuk bisa sembuh dari berbagai penyakit.

Jiwa yang tenang adalah jiwa yang selalu berorientasi kepada Allah SWT, karena itu, orang yang ingin meraih ketenangan hidup harus menjalani kehidupan dengan segala aktivitas karena Allah SWT, dengan ketentuan yang telah digariskan dan untuk meraih ridha dari-Nya. Dengan demikian, sumber ketenangan hidup seorang muslim adalah keimanan dan selalu berzikir kepada Allah dengan segala aplikasinya.

Firman Allah SWT :
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS. 13:28).

3. MAKANAN YANG CUKUP

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia, kesehatan manusia tidak dapat dipertahankan apabila ia tak makan dan minum (lapar) oleh sebab itu sesuai Doa Rasulullah SAW : “ Ya Allah.. Aku berlindung kepada-Mu dari lapar, karena ia adalah teman tidur yang paling jelek (HR. Abu Daud, Nasa’i dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah).

Demikian tiga faktor penting yang membuat manusia memperoleh kenikmatan di dunia segaligus sesuatu yang sangat perpengaruh pada upaya memperoleh kenikmatan di akhirat kelak.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: